Teknik Dasar Pemain Futsal

Teknik Dasar Pemain Futsal sangat penting diketahui sebelum kamu bermain futsal. Saat ini permainan atau olah raga futsal semakin digemari masyarakat terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Futsal menjadi kegiatan pilihan untuk mengisi waktu sekaligus olah raga. Tempat-tempat permainan futsal pun menjamur mulai dari pusat kota hingga pinggiran. Akademi futsal juga mulai tumbuh seiring dengan banyaknya event perlombaan futsal.


Futsal bisa dimainkan semua orang akan tetapi tidak semua orang bisa bermain futsal.

Kalau asal masuk lapangan asal tendang boleh-boleh saja, cukup bermodal sepatu, seragam, dan sewa tempat. Namun jika ingin menjadi pemain futsal yang jago sebaiknya perhatikan teknik dasar pemain futsal yang akan saya terangkan berikut ini.
  
Teknik Dasar Pemain Futsal secara umum mirip dengan sepak bola. Hanya saja, ada beberapa elemen yang perlu dipahami oleh seorang pemain futsal. Sebelum membicarakan detail tentang teknik dasar Perbedaan mendasar antara olah raga futsal dengan sepak bola adalah tentang ukuran dan jenis lapangan. Dua hal tersebut menjadi patokan penting dalam teknik dasar permainan futsal. Karena dari situlah teknik pemain futsal.  

Berdasar versi FIFA untuk pertandingan internasional, panjang lapangan futsal adalah 38-42 m dan lebar 18 -22 m. Karena ukuran futsal lebih kecil dibanding sepak bola maka seorang pemain haruslah sering bergerak untuk membuka celah. Karena itu dalam futsal tidak mengenal istilah striker, bek, dan gelandang. Semua pemain bertugas sebagai penyerang, gelandang, juga bek dalam waktu yang bersamaan. Jadi, seorang pemain futsal harus menguasai semua teknik dari kontrol bola, mengoper, menggiring, blok, atau menembak. Bahan lapangan futsal juga berpengaruh terhadap teknik permainan. Karena berbahan keras, teknik kontrol bola dalam permainan futsal lebih diutamakan menggunakan telapak kaki atau sole. Begitu juga cara operan dan menendang.

Futsal secara teori sama dengan sepak bola namun praktiknya berbeda.

Elemen-elemen dasar yang harus dikuasi seorang pemain futsal adalah:
1. Kontrol Bola
2. Umpan Bola (passing)
3. Menggiring Bola (dribble)
4. Menembak (shooting)

Berikut akan saya jelaskan secara singkat, untuk keterangan Teknik Dasar Pemain Futsal secara detail akan diulas dalam tulisan tersendiri.

Teknik Dasar Pemain Futsal

1. Kontrol Bola

Teknik Dasar Pemain Futsal
Teknik Dasar Pemain Futsal - Kontrol Bola
Sudah disinggung di atas bahwa mengontrol bola dalam teknik dasar futsal adalah menggunakan bagian telapak. Hal ini karena lapangan futsal berbahan vinil bukan rumput. Kontrol menggunakan telapak kaki  membuat bola menjadi lebih lengket. Berbeda dengan sepak bola yang sepatunya memakai pul sehingga bola lebih baik dikontrol menggunakan sisi samping dalam kaki. Sepatu futsal  memakai pul sehingga saat mengontrol bola menggunakan telapak kaki akan lebih memudahkan dan leluasa bergerak untuk maju, mundur, atau ke samping. 

Mengenai ulasan Teknik Kontrol Bola lebih lengkap bisa baca DI SINI.



2. Umpan Bola
Teknik Dasar Pemain Futsal
Teknik Dasar Pemain Futsal - Teknik Umpan

Mengumpan bola dalam futsal lebih fleksibel, bisa dilakukan dengan bagian bawah, samping, atau atas kaki. Biasanya dalam strategi futsal umpan-umpan mendatar lebih diutamakan, baik pendek atau pun panjang. Hal ini berhubungan dengan ukuran lapangan yang kecil, dan tuntutan terus bergerak dalam permainan. Jadi umpan mendatar lebih efektif.

3. Menggiring Bola
Teknik Dasar Pemain Futsal
Teknik Dasar Pemain Futsal - Dribble
Untuk dribble bola bisa dilakukan dengan menggunakan teknik kaki manapun. Tergantung kondisi. Kaki bagian luar misalnya, untuk mengecoh dengan bergerak ke samping atau depan. Kaki bagian dalam efektif untuk bergerak ke belakang, ke kanan, dan ke kiri. Sedangkang punggung kaki bisa dipakai untuk mengecoh musuh yang datang dari depan.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai teknik drible bisa baca artikel berikut:


4. Menembak
Teknik Dasar Pemain Futsal
Teknik Dasar Pemain Futsal - Shoot
Shooter atau memasukkan bola ke gawang dalam futsal bisa dilakukan dengan kaki bagian manapun. Bisa dengan bagian dalam atau lainnya. Dalam teknik ini yang paling sulit ditebak adalah menendang bola dengan bagian ujung depan kaki. Karena dengan begitu bola akan melaju kencang dan arahnya pun sulit ditebak.

Saya kira cukup demikian untuk tulisanTeknik Dasar Pemain Futsal. Sebenarnya masih banyak teknik lainnya seperti, sprint atau lari kencang, menyundul bola, mempertahankan bola, dan lain-lain. Namun untuk dasar menjadi pemain futsal, cukup pelajari 4 hal yang diterangkan di atas. Setelah menguasai teknik dasar tersebut barulah Anda bisa belajar ke teknik lain. 

Terima kasih dan selamat berlatih! 

Dan jika kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan berbagi ilmu dengan men-share Teknik Dasar Pemain Futsal ini dengan yang lain.

1 comment

  1. Jangan sampai ketinggalan pohon4d sedang ada cashback bagi semua pengguna

    ReplyDelete